Pengaruh Video Game terhadap Perkembangan Anak!

Pengaruh Video Game terhadap Perkembangan Anak! Di Amerika, 81% anak muda bermain setidaknya sebulan sekali. 8,5% dari mereka kecanduan dan “ rata-rata berusia 8 hingga 12 tahun sekarang memainkan 13 jam video game per minggu. Sedangkan rata-rata 13 hingga 18 tahun lama memainkan 14 jam video game per minggu ”(Metrik 2.0, 2 007).

Dampak video game

Dampak video game

Karena pengaruh video game begitu menonjol dalam kehidupan anak-anak. Sulit untuk mencegah mereka bermain video sama sekali. Dengan berbagai jenis permainan di luar sana. Sulit untuk mengatakan apakah video game secara umum baik atau buruk. Ada banyak penelitian yang melakukan hal ini. Dan informasi mengenai pro game terbaik dan kontra game sangat berdampak buruk dapat dengan mudah ditemukan.

Negatif dari Video Game

Ada berbagai jenis permainan video yang tersedia di industri saat ini. Video game dimaksudkan untuk menargetkan berbagai aspek kehidupan anak.

Video game ini terdiri dari berbagai permaina. Edukatif, serius, dan kasual, tetapi pada kenyataannya. Anak apa yang akan memilih permainan tentang belajar versus permainan di mana mereka dapat membunuh zombie atau mengendarai mobil dengan kecepatan yang sulit diatur?. Kunjungi Garena QQ tebaik saat ini.

Aspek negatif lain dari gim video adalah kenyataan bahwa anak-anak menghabiskan terlalu banyak waktu bermain gim daripada bermain fisik di luar. Terbukti bahwa anak-anak yang terlibat dengan video game menghabiskan 13 dan 14 jam seminggu untuk memainkannya daripada hanya satu jam di sana-sini.

Dengan menghabiskan begitu banyak waktu di konsol game atau di komputer, anak-anak kehilangan kehidupan sosial mereka. Anak-anak cenderung keluar dan berkompetisi dalam kegiatan ekstrakurikuler yang menghambat mereka untuk bertemu orang baru dan berteman.

Apa yang menyebabkan ini terjadi? Saya dapat memberi tahu Anda. Jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak saat bermain video game adalah faktornya.

Dengan menghabiskan banyak waktu luang mereka di komputer atau di konsol permainan mereka. Anak-anak tidak keluar dan berpartisipasi dalam kegiatan yang akan membuat mereka sehat secara fisik. Anak-anak mendapatkan pola pikir malas dan lebih suka tidak bermain di luar.

Apa Saja Pengaruh Video Game terhadap Perkembangan Anak?

Manfaat Memainkan Video Game

Penelitian telah menunjukkan bahwa bermain video game dapat bermanfaat untuk sejumlah fungsi kognitif dan mungkin juga mengandung manfaat sosial.

Hal pertama dan terpenting yang ditemukan seseorang dalam sebuah permainan adalah bahwa mengikuti petunjuk adalah yang paling penting. Untuk maju dalam permainan, pertama-tama seseorang harus belajar mengikuti pedoman, batasan, dan komponennya.

Ketika pemain menghadapi tantangan baru, ia harus menggunakan pemecahan masalah untuk menemukan solusi. Ini berlaku untuk game edukasi, game pikiran, dan RPG yang sama. Pemain tidak dapat melanjutkan dengan apa yang telah mereka miliki.

Gamer juga terbiasa melakukan multitasking . Ketika permainan menjadi lebih rumit, pemain harus menyulap berbagai tujuan sambil melacak semua elemen yang berubah dan menghubungkan ide-ide.

Mari kita juga jangan lupa bahwa banyak permainan, seperti “Bangkitnya Bangsa” atau “Zaman Mitologi” adalah pendidikan dan memiliki banyak hal untuk ditawarkan di bidang-bidang seperti ilmu pengetahuan, politik, sejarah dan studi budaya dan beberapa permainan praktis, seperti simulasi pelatihan pilot .

Bungkus

Seperti banyak masalah lain hari ini, konsep video game kontroversial. Garis antara jumlah game yang sehat dan jumlah yang berlebihan mudah dikaburkan dan dilewati– terutama ketika video game sama membuat ketagihan seperti yang diklaim oleh penelitian.

Sebagai orang tua, adalah bijaksana untuk menemukan moderasi dalam segala hal. Melarang game sama sekali mungkin baik untuk beberapa rumah tangga, tetapi yang lain (tergantung pada keunggulan permainan di lingkungan) akan menemukan bahwa itu dapat mengisolasi anak-anak mereka secara sosial.

Menghilangkan sumber kegembiraan dan kemungkinan perkembangan kognitif. Namun, membuka pintu bagi yang baik, juga akan memungkinkan akses ke yang buruk termasuk mengekspos pikiran anak-anak ke ranah kekerasan, meluangkan waktu luang mereka untuk melakukan hal-hal lain, dan menempatkan mereka pada risiko obesitas .

Baca juga : Tips Menyembuhkan Kecanduan Game untuk Anak

Pada akhirnya, penting bagi orang tua untuk memantau jenis permainan apa yang dimainkan dan diekspos oleh anak-anak. Bagian dari pekerjaan ini adalah untuk mengetahui deskriptor dan genre yang mereka wakili.

Papan Peringkat Perangkat Lunak Hiburan memiliki peringkat yang memberikan informasi kepada orang tua yang peduli tentang konten game (ESRB, 2014). Penggunaan peringkat ini secara efisien dapat membantu orang tua untuk membuat pilihan pengaruh video game untuk anak-anak mereka.