Fransiscus Damanik – Tips Audisi Indonesian Idol Video



Berikut ini merupakan Fransiscus Damanik – Tips Audisi Indonesian Idol yang merupakan salah satu indonesian idol paling dicari di youtube.

Judul Fransiscus Damanik – Tips Audisi Indonesian Idol
Durasi 4:18
Dilihat

4079
Sumber https://www.youtube.com/watch?v=X28xOAwakmo
Disukai 15


Buat teman-teman yang mau mengikuti audisi Indonesian Idol berikutnya, ini ada sedikit nasehat dari saya, semoga bermanfaat.
ambil yang baiknya saja, jika ada kesalahan atau yang membuat kalian tidak suka maafkan saya.

Ini hanya sedikit pengalaman dari audisi saya. Walaupun saya tidak sampai ke babak SPEKTAKULER, setidaknya ada masukan untuk penjurian lokal dan audisi regionalnya. semangat teman-teman, jadilah Idola yang baik dan tidak sombong. Tuhan Beserta kalian, persiapkan dari sekarang. 🙂 terimakasih

Masukan dari VOCAL PLUS
Audisi adalah proses di mana penyanyi diseleksi untuk mengikuti acara tertentu. Baik itu audisi untuk pertunjukkan musikal, acara TV seperti Indonesian Idol, X-Factor Indonesia, The Voice Indonesia, audisi untuk menjadi vokalis sebuah band, audisi manajemen artis, atau bisa juga audisi untuk masuk sekolah/kuliah musik. Biasanya, saat audisi penyanyi akan dinilai oleh tim juri. Para juri inilah yang akan menentukan apakah peserta audisi layak atau cocok untuk acara yang dituju.

Selama karir saya sebagai penyanyi dan pelatih vokal, saya telah banyak sekali mengaudisi penyanyi. Dari calon mahasiswa musik, teater musikal, hingga audisi tahap awal Indonesian Idol dan X-Factor Indonesia. Dan kali ini saya akan berbagi tips yang bisa anda jadikan referensi ketika akan mengikuti audisi.

1. Persiapkan materi lagu audisi dengan sebaiknya.
Sesuai dengan acara yang dituju, misalnya audisi untuk musikal, maka persiapkan beberapa materi lagu dari musikal yang cocok dengan vokal kita. Jika audisi untuk acara TV seperti Indonesian Idol maka siapkan lagu yang populer di masa kini dan persiapkan lagu berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Terkadang juri tidak puas mendengar satu lagu saja, bisa saja tiba-tiba mereka minta kita nyanyi lagu yang berbeda bahkan tidak terduga seperti lagu melayu atau lagu dangdut. Tapi kita tidak perlu memaksakan diri, kalau tidak bisa katakan saja.

2. Jangan pilih lagu sejuta umat.
Dalam audisi Indonesian Idol dan X-Factor Indonesia periode 2012-2013 di antara lagu terbanyak yang digunakan audisi adalah “Butiran Debu” dan “Listen”. Menurut pengalaman saya, juri juga bisa bosan. Usahakan memilih lagu audisi yang kira-kira unik namun tetap cukup populer.

3. Menyanyi dengan suara alami kita.
Jangan mencoba meniru-niru suara penyanyi idola kita, karena biasanya malah jadi kurang baik dan tidak natural di mata juri. Be yourself adalah tetap kebijakan terbaik. Juri akan mencari karakter yang khas, bukan karakter tiruan.

4. Berpakaian cukup rapi.
Bagaimanapun juga, kita hidup di dunia yang visual, di mana banyak hal dinilai dari kesan visual. Ahmad Dhani pernah mengkritik salah satu peserta audisi Idol karena memakai celana pendek dan sandal jepit.

5. Bersikap sewajarnya.
Tidak perlu overacting menghadapi para juri, bersikap sopan tapi biasa saja. Tidak perlu banyak bicara kalau tidak diminta, karena juri harus mengaudisi banyak peserta lain. Tunjukkan bahwa anda percaya diri dan punya attitude yang baik.

6. Atur nafas sebelum masuk ruang audisi.
Ketika nama anda dipanggil, biasanya adrenalin langsung memuncak sehingga nafas kita jadi lebih cepat, jantung berdetak kencang, yang bisa berakibat salah tingkah dan lupa lirik. Nafas dulu! Tenangkan diri anda dulu sebelum bertemu juri.

7. Bekali diri anda untuk menunggu antrian.
Pastikan HP cukup baterenya, bawa air minum dan camilan, siapkan juga MP3 player kita untuk mengulang-ulang materi yang akan kita nyanyikan.

8. Ngobrol dengan peserta audisi lain.
Hal ini bisa menekan rasa gugup, mengisi waktu sambil menunggu, dan tentu menambah teman. Cara ini kita juga memberi kita informasi lagu apa saja yang akan dibawakan peserta lain.

9. Setelah audisi HP jangan susah dihubungi.
Biasanya peserta yang lolos audisi akan dihubungi kembali lewat HP. Kalau HP mati padahal mereka mencoba menghubungi, bisa-bisa nama kita dicoret karena dianggap susah diajak komunikasi.

10. Have fun.
Proses audisi adalah proses yang memiliki banyak pembelajaran. Selain itu juga bisa menambah teman baru. Ketika kita menjalani dengan fun dan tanpa beban, kita akan menyebarkan energi yang positif, akhirnya baik juga di mata para juri.

Jika ternyata anda belum lolos audisi, jangan berkecil hati. Belum tentu karena anda nyanyinya jelek, melainkan hanya karena anda tidak cocok dengan karakter yang dibutuhkan dalam acara yang dituju. Coba lagi di masa yang akan datang.

Saksikan obrolan santai saya dengan Irvan Natadiningrat (vocal director Indonesian Idol dan X-Factor ID) ini membicarakan tentang audisi Indonesian Idol dan X-Factor. Enjoy!